Surat Untuk Reza dan Dewi

Reza dan Dewi Lestari Gunawan, sahabatku..

Terima kasih atas kesempatan berbagi suka dan duka dalam perjalanan hidup kali ini bersama kalian. Perjalanan yang aneh sekaligus lucu. Perjalanan yang menyenangkan sekaligus mengharukan. Yang kesemuanya hanya bisa terangkum dalam satu kata: ‘INDAH’. Keindahan yang telah mampu menyadarkan saya untuk mensyukuri hidup ini dengan berserah dan menerima. Mencintai diri apa adanya. Dan itulah kebahagiaan sejati.

Terima kasih untuk selalu bersama-sama menjaga, membesarkan dan mendidik Avalokita, bagian hidup saya, darah daging saya, sinar terang kehidupan yang paling saya cintai dan hargai sebagai bentuk nyata dari sebuah perjalanan hidup yang indah. Perjalanan kemarin bukanlah kegagalan seperti yang dikatakan orang-orang diluar sana. Mereka keliru. Sangat keliru. Avalokita adalah cinta. Dan cinta tak pernah salah. Tidak pernah gagal. Cinta melebihi apapun termasuk apa itu salah dan benar.

Reza dan Dewi,

Air mata bahagia. Menetes dalam rasa bahagia. Untuk kalian berdua.

Selamat menempuh perjalanan hidup yang baru buat kalian. Doa, dukungan dan cinta saya selalu mengikuti kalian berdua. Sampai akhir hayat.

With Metta-Karuna, 

 - medhakumara -

39 comments:

nana said...

that is so wonderful and thoughful of u!!! hope they will have the greatest life ever! and same goes 2 u and rima melati!!!!selamat pengantin baru to dewi n reza.. n selamat pengantin baru in advance 2 u and rima melati..may happiness be with u guys always and forever!

Andri said...

"Kegagalan adalah kesuksesan yg tertunda",begitu kata orang2 di luar sana.

Reza Gunawan said...

Brother, thank you for allowing me to be part of this family.

I truly respect you and love you.
My prayers for a heartful life ahead, with your lovely Rima.

Ibeth said...

Saya terharu sekali membacanya.

Ini seharusnya cinta... mengerti kapan harus berhenti dan tidak pernah lelah memberikan bahagia, dalam bentuk apapun.

Semoga semakin banyak orang yang bisa "mencinta" bukan hanya bisa menganggap dirinya paling benar saja.

Wish you all, tons of happiness, today, tomorrow and always.

dewi said...

hu..huu..huuu....
emang bener,cinta ga' pernah salah...
dan 'kebenaran cinta sejati' adalah...ikhlas melihat orang yang kita cintai, bahagia dgn 'jalan'nya sendiri...

Anonymous said...

Salut...
sampai menangis membacanya

Jenny Jusuf said...

Sejak pertama kali melihat Avalokita dan menemukan mentari di wajahnya, saya tahu, cinta tidak pernah salah. Terima kasih telah membuktikan bahwa cinta di balik perpisahan (bahkan penggabungan antara keduanya) bukan cuma isapan jempol.

Mentari itu akan terus benderang. Dan dari hati terdalam, ingin saya ucapkan: salut untuk kalian semua. :-)

Na said...

kalian memang bener2 couple yang keren, baik itu Dee - Reza, maupun Marcell - rima, hidup penuh liku, dan likunya itu menjadi keindahan tersendiri buat kalian...congrats ya..
semoga bahagia selalu

kiki gumilang said...

Cinta memang tak pernh salah...
Hidup pun tak pernah salah...
Mencintai sesungguhnya adalah meletakkan kebahagian kita di tangan orang yang kita cintai. Sesungguhnya rasa yang kalian miliki adalah cinta yang sesungguhnya...
Selamat menikmati indahnya cinta dan kehidupan....

Anonymous said...

Bukti nyata..
Kebesaran hati,
kasih sayang setulus hati,
persahabatan sejati,
n' cinta yang tak pernah mengharap lebih..

Congrats to all of you, guys! :)


~dhe3

Winda Andaka said...

Semoga semua makhluk, hidup berbahagia....

Sadhu... sadhu... sadhu...

Anonymous said...

Such a touching piece - the sincerity and honesty in your words brought tears to my eyes. May your life be full of love and happiness too!

Anonymous said...

if you were my boyfriend, pastinya gue bakal pingsan setiap saat.. or garuk2 tembok, krn.. I love you so much..

wings said...

pengalaman cinta yg unik.. karena uniklah, maka masyarakat melihatnya sbg ssuatu yg ngga lazim, makanya mereka keliru.. memang, cinta ngga prnah salah, ngga mensyaratkan siapa harus mencintai siapa.. congrats 4 all of you, =D

Anonymous said...

SALUT buat kalian berempat. Aku bisa melihat cinta sesungguhnya dari perjalanan kehidupan kalian. Salut!!!

Dewi Lestari said...

Atjeu...

What a wonderful, magical, and transforming journey we've all gone through.

Thank you so much for such a sincere note. You are my best friend and also a teacher of life. From the deepest place in my heart, I wish all the best in universe for your journey ahead with Rima. May every lesson, bitter or sweet, blossoms at a perfect moment to cultivate our better understanding of life, love, and self.

~ D ~

call me ovi said...

so sweet.. :)

Namaku Eka said...

Marcell...
Aku salut banget.. kejujuran dan kebesaran hati yang paling hebat yang pernah aku temukan...

Hendri said...

Ini adalah bukti bahwa perpisahaan tidaklah selalu saling menyakiti satu sama lain, tapi bisa juga merupakan sebuah cinta. Cinta yang tulus, cinta yang selalu memberi, "memberi" yang terbaik untuk pasangannya, inilah bentuk cinta yang sesungguhnya...
Selamat Dee & Reza
Ditunggu Kiki & Rima
ini semua adalah proses.... proses dari sebuah kehidupan...

Be Happy for all of U :-)

Be HappY :-)

novnov said...

saya belajar banyak dari kalian...salut..semoga bahagia....

Anonymous said...

Bravo buat Marcell dan Dewi!! cinta sejati tidak akan berakhir dengan perceraian jika kalian memahaminya. hanya satu kata " ada jalan yang disangka orang lurus namun ujungnya adalah maut. sorry untuk mengatakan KEBENARAN ini.

Anonymous said...

Kata-katamu sangat manis tapi maaf aku tidak salut dengan kata-kata itu lho, maaf omong ya gak yaaa? kalo menghargai CINTA gak begitu dong!!!! Dan bukan orang lain yang salah, kalian semua yang teramat sangat salah, gak layak jadi contoh publik!!!

Anonymous said...

saya merasa bingung dengan konsep cinta kalian, disaat ingin menyatu kalian bilang indah dan konflik terjadi lalu kalian bilang berpisah lebih baik, dan kalian bilang itu bukan kesalahan .....????

lalu konsep cinta seperti apa yang akan ditransformasikan pada anak2 nantinya, .........

bahwa ada seseorang yang dulu pernah anda cintai dan sekarangpun masih hanya saja dalam kadar atau bentuk yang berbeda?????

guys love or cinta bukan suatu bentuk pengharapan akan mendapatkan bahagia.... namun pengorbanan untuk saling mengerti bahwa kita tidak akan pernah mendapatkan kepuasan dihidup ini hanya memberi saja dengan sukacita

soooo.....berpikir dulu sebelum memulai suatu ikatan karena........Apa yang sudah dipersatukan YAHWEH tidak dapat diceraikan manusia....AMIN

Shanty Mahanani said...

Mencari "soul mate" kedang harus mencicipi "soul mate"-nya orang lain, yaa..! Skenario cinta, datang tak bisa diprediksi, datang tak bisa ditolak, tapi kalau pergi...baru bisa menghargai!

Blog Cantik
http://pyramid-online.blogspot.com

mantan pendeta said...

dear anonymous yang menerbitkan komentar berangkai,

sebagai mantan pendeta, saya mau bilang kalau kutipan ayat alkitab yang anda masukkan di komentar pertama itu salah konteks. maaf saya nggak bisa menyebutkan di kitab mana dia berada, lupa bo (yaaa maklum namanya juga mantan), tapi sumpah mati (eh, nggak boleh sumpah ya, dosa? yaa maklum namanya juga mantan), ayat itu nggak ada hubungannya dengan cinta sejati.

next, tentang menjadi 'contoh publik' (komen kedua), siapa juga yang mengklaim jadi teladan publik? saya sampai ngoprek semua isi blog ini lho untuk mencari pernyataan itu. ternyata nggak ada. sial, buang2 waktu saja (eh, nggak boleh mengutuk ya? kan dosa. yaa maklum namanya juga man... ah, sudahlah ;-D). intinya, itu kan hanya persepsi anda saja. bayangkan kalau semua figur publik dianggap contoh/teladan masyarakat, kasian banget dewi per *beep*, ahmad da *beep*, inul daratis *beep*, evan san *beep*.......

komen ketiga, "love or cinta bukan suatu bentuk pengharapan akan mendapatkan bahagia", ya emang bukan. siapa jugaaa yang bikin definisi kaya gitu. ih, situ mengkhayal deeeh. ga pernah ada definisi apa2 koook. cinta ya cinta, cin.

baidewei, sori yaaaa kalo ada kata2 yang kurang berkenan di hati. anggap aja khilaf. saya emang doyan becanda kok. tapi, soal mantan pendeta, you can mark my words, i am not kidding. :)

SukaSuka said...

salut akan kebesaran hati kalian ber-4..

Rayaa Riyadi said...

Ahh... suka banget sama komennya si mantan pendeta... Namanya juga mantan ya ciiiin..... ;p

Kenapa ya makhluk2 yang suka memprotes dan menuding lebih suka menutupi identitasnya?

Berdiri tegak, angkat tanganmu dan keluarkan suaramu... Ajukan pendapatmu, JANGAN MENGHAKIMI... karena butuh proses pembelajaran yang panjang untuk dapat memahami, apalagi menghakimi... Susah amat sih berbahagia buat orang lain?!? emangnya situ dirugikan yaa?? Mungkin kesel kali karena marcell or Dee udah keburu menemukan pasangannya masing2, ga jadi nyalip ya Mas/Mbak?? ;p (udah ah, ga ada penting2nya ni komen gue!)

Anonymous said...

Dari Lina siahaan jakarta, mendingan lo mati aja dari pada malu-maluin siahaan sejabodetabek dan Bandung dan sekitarnya. Horas ma di paramaan niba.

Anonymous said...

jadi arti pernikahan bagi kalian adalah percabulan atawa perzinahan yang diresmikan???????????hah!!!

Kayaknya, lo tuh yang butuh minum obat!!

Cleopatra, Surabaya

Anonymous said...

kata si abang matiin ajach tuh!!!

togatorop, Cikarang

Anonymous said...

Lina Siahaan, justru kelakuan macam ini yang menjelekkan marga dan orang Batak. Biar mereka jalani keputusan itu, selama tidak merusak siapa2. Bolehlah kau bangga sebagai Siahaan, tapi kata-katamu sendiri mencoreng Siahaan.

Baby said...

It's ok, manusia bisa & boleh berkata apapun, yang penting jalani hidup ini dengan kejujuran untuk yang di Atas, diri kita sendiri & orang yang kita cintai.
Saya berdoa semoga kebahagiaan tetap menyertai kehidupan kalian semua. Dan untuk para komentator yang "kurang bahagia" cobalah belajar untuk mensukuri apa yang telah kalian dapat tanpa perlu mencampuri kebahagiaan orang lain.
Bravo... semoga Indonesia menjadi lebih baik....

najla rinaldy said...

wow...sampe merinding baca nya...u truly r a deep person marcell, ngga nyangka, karena pertama kali liat video klip kamu sama Shanty, saya kira kamu hanya seorang anak gaul yg kepingin ngetop. no you are not...you are a rare character, n i like u. i wish i was your best friend.

najla rinaldy said...

wow...sampe merinding baca nya...u truly r a deep person marcell, ngga nyangka, karena pertama kali liat video klip kamu sama Shanty, saya kira kamu hanya seorang anak gaul yg kepingin ngetop. no you are not...you are a rare character, n i like u. i wish i was your best friend.

Recha_Cute said...

Love is a little overrated for most people. I dont know. I think u're a romantic person. Which is good. But not so good either. Well, it's just an opinion. Keep up the good work. :)

dona said...

u guys earn my highest respect. both u and rima.. and dewi and reza too.

LUKA said...

merinding disco...so sweat...ah ntah apalagi...tapi mungkin kata yg tepat adalah INDAH...INDAH BANGET CINTA DI MATA KALIAN...pengen deh punya cinta seperti itu *ngayal mode on*

Tawara Family said...

huhuhuh nangis aku baca surat km cel,yg km rasain mungkin sama seperti yg aku rasain karena gagal,bukan gagal tapi hanya cinta yg telah berakhir dan kini tumbuh lagi walau dengan yg lain..
aku kudung kalian semua buat kebahagian sejati ..

titiw said...

This tears are dropping slowly while i'm staring at your writing. Satu kata untuk melukiskan hubungan kalian: INDAH.