And The Story Continues...


Nama yang sudah tidak asing lagi bagi pecinta musik Indonesia. Marcell Siahaan atau lebih dikenal sebagai Marcell memulai karirnya di industri musik Indonesia ditahun 2002 lewat lagu 'Hanya Memuji' ciptaan Melly Goeslaw, duetnya bersama Shanty didalam kompilasi “Duet Cinta” produksi Warner Music Indonesia. Banyak lagu hits yang telah dihasilkan oleh vokalis yang sudah mengenal banyak referensi musik sejak kecil ini. Dan selain musik, solis yang juga menggemari olah raga beladiri Tai-Chi, Wing Chun, Jeet Kune Do dan Pencak Silat ini juga mendalami dunia seni peran. Tiga buah film sudah dibintanginya yaitu “Andai Ia Tahu” (2003), “Laskar Pemimpi” (2010) dan “Madame X” (2010).

Bersama Warner Music Indonesia, Marcell sudah menghasilkan tiga buah lagu yaitu ‘Hanya Memuji’, duetnya bersama Shanty dalam kompilasi “Duet Cinta”, ‘Ketika Kau Menyapa’ dan ‘Heaven Is Not’ yang ada didalam album soundtrack film “Andai Ia Tahu” yang dibintanginya bersama Rachel Maryam, dan tiga buah album yaitu “Marcell” (2003) dan “Marcell: Repackaged (2004) dengan tambahan dua lagu baru ciptaan Tengku Shafick yaitu ‘Ku Tak Mendua’ dan ‘Mendendam’, “Marcell: Denganmu” (2006) dan “Marcell: Hidup” (2008). Setelah Marcell menyelesaikan kontrak rekamannya bersama Warner Music Indonesia untuk kemudian bergabung dengan E-Motion Entertainment ditahun 2010, Marcell mengeluarkan dua buah lagu yaitu ‘Takkan Terganti’ ciptaan Yovie Widianto dan diaransemen oleh Tohpati diawal tahun 2010 dan ‘Peri Cintaku’, masih ciptaan Yovie Widianto namun diaransemen oleh Andi Rianto dipertengahan tahun 2010. Dan ‘Sisa Semalam’, lagu ketiga yang pada akhir April 2011 lalu baru saja dirilis, mendapat respon yang sangat baik dari pecinta musik Indonesia. Lagu ini merupakan cover version dari lagu yang diciptakan dan dipopulerkan oleh grup asal Bandung, Java Jive sekitar awal tahun 90-an dan Marcell-pun mampu membawakannya dengan sangat apik, unik dan berbeda dari versi aslinya.

Album ini keseluruhan berisi sebelas lagu. Selain 'Takkan Terganti', 'Peri Cintaku', dan 'Sisa Semalam', dialbum ini ada beberapa materi baru seperti 'Cinta Untukmu' (ditulis oleh Toma Pratama), 'Melati' (ditulis oleh Mhala Numata), 'Dia Yang Kucinta' (ditulis oleh Tengku Shafick), 'Nusantaraku' (bertemakan kecintaan Marcell pada Bhinneka Tunggal Ika). Yang membuat menarik, Marcell juga berduet dengan salah satu solis wanita terbaik di negeri ini yaitu Dewi Sandra pada lagu berjudul 'Tanpa kata ciptaan Andi Rianto dan sutradara serta lyricist handal Monty Tiwa.. Tidak Hanya Dewi Sandra, Marcell juga berkolaborasi dengan Rayi Putra, anggota dari grup RAN di lagu 'Permainan Cinta'. Selain itu ada dua lagu lain yang juga merupakan 'cover version' yaitu lagu 'Mau Dibawa Kemana' yang diciptakan dan dipopulerkan oleh Armada, dibawakan kembali dengan aransemen yang jazzy dan broadway-ish, sangat berbeda dari versi aslinya. Dan lagu lainnya adalah 'I Knew I Loved You' yg diakhir tahun 90-an dipopulerkan oleh grup Savage Garden dari Australia.

Album yang sangat ditunggu kemunculannya ini setelah tiga tahun dalam penantian, "And The Story Continues..." merupakan “cerita cinta” Marcell yang masih dan akan terus berlanjut. 'Indonesia masih membutuhkan cinta, bohong kalau bilang tidak', katanya mengutip pernyataan Yovie Widianto.

Album ini juga menjadi sangat spesial karena dibantu oleh penata musik Indonesia bertaraf Internasional yaitu Andi Rianto, yang ikut menggarap kesepuluh lagu dalam album ini. Selain kejeniusannya mengaransemen, Andi Rianto dipilih karena kepiawaiannya menciptakan 'efek visual' disetiap aransemennya, yang mampu membuat pendengarnya membayangkan sendiri jalan ceritanya di kepala masing-masing.

Selamat menikmati lanjutan cerita Marcell ini.

1 comment:

Vivi Suryani Megawati Andespi said...

suka banget sama suaranya Marcell nyanyi pas bacain nominasi di AMI Award.Sukses Marcell. Horas!Godbless! :)